Header Ads

Bahaya Radiasi Handphone terhadap Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal Handphone? Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan di era modern seperti sekarang ini. Dari kalangan dewasa hingga anak – anak sudah tidak asing dengan alat komunikasi ini. Baik masyarakat dari kalangan menengah ke atas hingga menengah ke bawah dapat dengan mudah memiliki alat komunikasi ini. Sebagian besar mahasiswa Analisis Kimia 49 Kelas C memiliki alat komunikasi ini. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi kini Handphone telah dilengkapi oleh fitur canggih yang semakin lama semakin meningkat kualitasnya seiring dengan meningkatnya teknologi. Fitur – fitur yang semakin canggih menjadi salah satu alasan utama mahasiswa berlomba – lomba untuk mengganti Handphone mereka dengan keluaran terbaru.
Dengan adanya fitur – fitur inilah yang mengakibatkan mahasiswa lebih lama menggunakan handphone mereka. Dalam kehidupan sehari – hari tidak dapat dipiungkiri lagi bahwa sebagian besar mahasiswa tidak dapat lepas dari handphone. Mereka tidak menyadari bahwa handphone yang digunakan dapat menimbulkan radiasi yang dapat memberikan efek buruk terhadap tubuh. Dengan pemakaian handphone yang berlebihan dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti : kanker, tumor otak, alzheimer, parkinson, kelelahan, sakit kepala, gangguan tidur, kurang konsentrasi, dan kesadaran spasial.
Bahaya yang ditimbulkan dari radiasi tersebut menyebebkan kekhawatiran di sebagian besar kalangan ahli. Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar siswa yang masih duduk di tingkat Sekolah Dasar (SD) telah memiliki alat komunikasi ini. Sebagian para ahli mengkhawatirkan pemakaian handphone pada anak – anak dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan kemampuan memori dalam pelajaran. Sedangkan bagi kalangan mahasiswa, dikhawatirkan dapat mengurangi kinerja otak dan mengganggu kesehatan seperti mudah pusing dan sulitnya tidur.
Apakah Radiasi itu?
Handphone yang telah memiliki banyak fitur yang canggih selain memiliki dampak positif ternyata dapat menimbulkan dampak negatif. Salah satu dari dampak negatif dari pemakaian handphone ialah dampak radiasi yang merupakan sebuah gelombang yang dihasilkan oleh sinyal handphone yang bergerak dan dapat mengakibatkan kerusakan jaringan. Seperti yang diungkapkan oleh Ng Kwan-Hoong (2003) radiasi adalah bentuk energi bergerak. Sedangkan pengertian radiasi handphone sendiri adalah energi yang berpindah melalui ruang dalam bentuk gelombang atau partikel. 
Radiasi dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :
a. Radiasi Pengion
Radiasi pengion berisi energi yang cukup untuk menyebabkan ionisasi. Partikel alpha, partikl beta, sinar gamma, sinar-x, dan neutron termasuk ke dalam radiasi pengion.(Ng Kwan-Hoong 2003).
b. Radiasi Non-Ionisasi
Radiasi non-pengion tidak memiliki energi yang cukup untuk menyebabkan ionisasi. Hal ini menyebabkan beberapan efek pemanasan, tapi biasanya tidak cukup untuk menyebabkan kerusakan jaringan dalam jangka panjang. Energi frekuensi radio, cahaya tampak, dan radiasi microwave termasuk dalam radiasi non-ionisasi.(Ng Kwan-Hoong 2003).
Bagaimana dampak radiasi Handphone?
Sebagian besar dari radiasi yang ditimbulkan dari pemakaian handphone menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia. Penggunaan handphone yang terlampau sering diduga dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia. Beberapa penyakit yang diduga diakibatkan dari radiasi handphone yaitu gangguan tidur, penurunan memori, dan sakit kepala (pusing). 
Menurut penelitian dari Dr.Mercola (2007) penyakit yang dapat ditimbulkan dari radiasi handphone ialah kanker, tumor otak, alzaimer, sakit kepala, penurunan memori otak, dan sulit tidur. Selain menyebabkan berbagai penyakit di atas, menurut Dr.Mercola (2007) menggunakan handphone menurunkan kualitas sperma pada pria dengan mengurangi motilitas dan viabilitas kerja sperma pada pria.
Dari survei yang dilakukan :
Sebanyak tiga puluh mahasiswa Analisis Kimia kelas C tahun 2012 menyatakan bahwa Handphone penting, bahkan sebanyak sepuluh orang menyatakan sangat penting dan hanya sebagian kecil yang menyatakan biasa saja dan tidak terlalu penting. Mereka menyadari bahwa hnadphone digukan bukan hanya alat komunikasi tetapi juga dapat digunakan untuk banyak hal lainnya. Ini terbukti tidak ada mahasiswa Analisis Kimia kelas C yang tidak memiliki Handphone, 50% diantaranya memiliki satu handphone, bahkan 50% lagi memiliki dua atau lebih dari dua handphone. Mayoritas menggunakan handphone merk Nokia, Blackberry, dan Samsung, dan ada juga yang menggunakan merk Cross, Chinesphone, Sony Ericson, LG, dan Lenovo.
Berdasarkan intensitas penggunaan handphone mahasiswa Analisis Kimia kelas C dikategorikan menjadi tiga. Sebanyak 41% mahasiswa dikategorikan menerima paparan radiasi yang rendah, 2% dikategorikan menerima paparan radiasi sedang, dan 57% menerima paparan radiasi yang tinggi, seperti dapat dilihat pada Gambar 1 :
Tempat penyimpanan handphone
Gambar 1. Lama penggunaan Handphone dalam sehari
Berdasakkan tempat penyimpanan handphone saat berpergian dan beraktivitas, mahasiswa Analisis Kimia kelas C dikategorikan menjadi tiga. Sebanyak 68% mahasiswa Analaisis Kimia kelas C di kategorikan sebagai penerima paparan radiasi dalam jumlah sedang, sedangkan 32% lainnya dikategorikan sebagai penerima paparan radiasi dalam jumlah banyak, seperti dapat dilihat pada gambar 2 :
Tempat penyimpanan handphone
Gambar 2. Tempat Penyimpanan Handphone saat Berpergian atau Beraktivitas
Berdasarkan tempat penyimpanan handphone saat tidur dikategorikan menjadi tiga. Sebanyak 7% mahasiswa Analisis kimia kelas C dikategorikan sebagai penerima paparan radiasi dalam jumlah sedikit, 32% penerima radiasi dalam jumlah sedang, 48% penerima paparan radiasi dalam jumlah banyak, dan 13% lainnya penerima paparan radiasi dalam jumlah sangat banyak. Seperti dapat dilihat pada gambar 3 :
Gambar 3. Tempat Penyimpanan Handphone saat Tidur
Radiasi adalah proses pemindahan panas melalui gelombang elektromagnet atau paket – paket energi (photon) yang dapat merembat sampai jarak yang sangat jauh tampa memerluka interaksi medium. Dalam fisika, radiasi merupakan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Jika radiasi mengenai tubuh manusia, ada 2 kemungkinan yang dapat terjadi: berinteraksi dengan tubuh manusia, atau hanya melewati saja. Jika berinteraksi, radiasi dapat mengionisasi atau dapat pula mengeksitasi atom. Setiap terjadi proses ionisasi atau eksitasi, radiasi akan kehilangan sebagian energinya. Energi radiasi yang hilang akan menyebabkan peningkatan temperatur (panas) pada bahan (atom) yang berinteraksi dengan radiasi tersebut. Dengan kata lain, semua energi radiasi yang terserap di jaringan biologis akan muncul sebagai panas melalui peningkatan vibrasi (getaran) atom dan struktur molekul. Ini merupakan awal dari perubahan kimiawi yang kemudian dapat mengakibatkan efek biologis yang merugikan.
Berdasarkan hasil angket yang telah disebar, sebanyak 57% mahasiswa Analisis Kimia kelas C menggunakan Handphone dengan intensitas pemakaian sehari lebih dari tiga jam. Dan 32% mahasiswa menyimpan Handphone mereka di dalam saku. Sebanyak 13% menyimpan hanphone ketika tidur di bawah bantal, dan 48% menyimpan di dekat tempat tidur mereka. Berapa jam pemakaian, dimana letak penyimpanan handphone sangat berpengaruh dengan tingat radiasi yang diterima.
Menurut Tien Kartinan (2011) quantum energi yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel, secara kuantitas masih kecil karena hanya berkisar sepersejuta elektron volt. Namun kalau jarak sumber radiasi dengan materi diperhitungkan, maka dampak radiasi ponsel tidak boleh diabaikan. Alasannya adalah karena intensitas radiasi yang diterima oleh materi akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, artinya makin dekat dari sumber radiasi makin besar radiasi yang diterima. Dan waktu kontak yang cukup lama, ada kemungkinan terjadi sterilisasi terhadap organ reproduksi dan hal-hal ini yang menyebabkan timbulnya penyakit alzaimer, kepikunan dini. Karena radiasi dapat mengagitasi molekul air dalam tubuh manusia, ini dapat mengganggu kerja susunan saraf, kelenjar dan hormon, serta berpengaruh terhadap psikologi manusia.
Sehingga lama penggunaan handphone dan jarak penyimpanan handphone dari tubuh memengaruhi besar radiasi yang diterima. Dilihat dari hal ini mahasiswa Analisis Kimia kelas C tergolong kedalam tingkat penerima radiasi tinggi.
Merk Handphone yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah Nokia, Samsung dan Blackberry. Setiap Handphone memiliki radiasi yang berbeda-beda berdasarkan merk dan tipenya. Menurut penelitian Badan FCC Amerika Nokia yang memiliki radiasi terendah adalah Nokia 9300 dengan radiasi 0,240 W/Kg (0,8568 mW/cm2) sampai tingkat radiasi tertinggi adalah Nokia E 71 dengan radiasi 1,530 W/Kg (5,4621 mW/cm2)(Table 3). Samsung yang memiliki radiasi terendah adalah Samsung X830 dengan radiasi 0,119W/Kg (0,4248 mW/cm2) sampai tingkat radiasi tertinggi adalah Samsung SGH P-400 dengan radiasi 1,180 W/Kg (4,2126 mW/cm2)(Table 1). Blackberry yang memiliki radiasi terendah adalah Blackberry Curve 8310 dengan radiasi 0,590 W/Kg (2,1063 mW/cm2) sampai tingkat radiasi tertinggi adalah Blackberry 7130c dengan radiasi 1,730 W/Kg (6,1761 mW/cm2)(Table 2). Dari data diatas menunjukkan bahwa semakin banyak fitur dalam Hanphone semakin besar pula radiasi Handphone tersebut. Menurut Tien Kartinan, 2011, Peristiwa Agitasi dari gelombang mikro perlu diperhatikan adalah yang berdaya 4 mW/cm2 – 30 mW/cm2. Radiasi tertinggi dari Nokia, Samsung, dan Blackberry sudah menlampaui dari batas tersebut, terutama pada merk Bleckberry yang memiliki batas terendah 2,1063 mW/cm2 yang cukup tinggi. Walaupun Nokia dan Samsung masih memiliki batas terendaj dibawah 1 mW/cm2 tetapi harus diperhatikan lama pemakaian dam penyimpanan untuk meminimalisasi terpapar dari radiasi Handpone.
Tabel 1 Data SAR Handphone Samsung
Model
SAR (W/kg)
Additional info
Samsung B2100
0,716
Samsung B2700
0,997
Samsung C3050
0,709
Samsung C6625
0,661
Samsung E1120
0,813
Samsung E1310
0,294
Homepage
Samsung E1360B
0,790
Samsung E2210B
0,955
Samsung Galaxy S III 4G
Samsung GT-B2710 Xcover 271
0,665
Samsung GT-B3310
0,659
Samsung GT-B7300 Omnia Lite
0,791
Samsung GT-B7330
0,814
Samsung GT-B7350 Omnia Pro4
0,642
Samsung GT-B7610 Omnia Pro
0,414
Samsung GT-C3060
0,805
Samsung GT-C3300K Champ
0,897
Samsung GT-C5010E
0,706
Samsung GT-C5510
0,718
Samsung GT-E1080
0,639
Samsung GT-E2120
0,761
Samsung GT-E2370 Xcover
0,408
Samsung GT-I5500 Galaxy S
0,645
0,375
Samsung GT-I5700 Galaxy Spica
0,595
Samsung GT-I5800 Galaxy 3
0,575
Samsung GT-I7110
0,825
Samsung GT-I7500 Galaxy
0,607
0,168
Samsung GT-I8150 Galaxy W
0,517
Samsung GT-I8160 Galaxy Ace 2
0,498
Samsung GT-I8530 Galaxy Beam
Samsung GT-I8700 Omnia 7
0,645
0,268
Samsung GT-I9001 Galaxy S Plus
0,346
Samsung GT-I9023 Nexus S
0,504
Homepage
Samsung GT-I9070 Galaxy S Advance
0,543
0,338
Samsung GT-I9210 Galaxy S II LTE
0,405
0,303
Samsung GT-I9300 Galaxy S III
0,342
0,265
Samsung GT-N7000 Galaxy Note
0,256
Samsung GT-P1000 Galaxy Tab
1,070
Samsung GT-S3370E
0,755
Samsung GT-S3650
0,752
Samsung GT-S5230
0,531
Samsung GT-S5260 STAR II
0,957
Samsung GT-S5300 Galaxy Pocket
0,790
Samsung GT-S5360 Galaxy Y
0,655
Samsung GT-S5510
0,832
Samsung GT-S5570 Galaxy Mini
0,961
Samsung GT-S5600
0,960
Samsung GT-S5620 Monte
1,020
Samsung GT-S5660 Galaxy Gio
0,791
Samsung GT-S5690 Galaxy Xcover
0,585
Samsung GT-S5750E Wave 575
0,705
Samsung GT-S5830 GALAXY Ace
0,840
Samsung GT-S6500 Galaxy Mini 2
0,917
Samsung GT-S7230E Wave 723
0,730
Samsung GT-S7550
0,684
Samsung GT-S8500 Wave
0,988
Samsung GT-S8530 Wave II
0,625
Homepage
Samsung GT-S8600 Wave III
0,834
Samsung I8910 Omnia HD
0,496
Samsung Innov8
0,414
Samsung Jet S8000
0,522
Samsung M7500
0,779
Samsung M7600 Beat DJ
0,728
Samsung S7350 Ultra s
0,418
Samsung SGH-A300
1,030
Samsung SGH-A800
0,961
Samsung SGH-B100
0,909
Samsung SGH-B220
0,724
Samsung SGH-B300
0,729
Samsung SGH-C100
0,488
Samsung SGH-C170
0,965
Samsung SGH-C260
0,815
0,310
Samsung SGH-D500E
0,310
Samsung SGH-D520
0,679
0,411
0,700
Samsung SGH-D830
0,337
Samsung SGH-D840
0,691
Samsung SGH-D900 UE 12.9
0,823
Samsung SGH-D900i UE 12.9
0,623
Samsung SGH-E100
0,892
Samsung SGH-E250
0,702
Samsung SGH-E310
0,520
Samsung SGH-E330
0,903
Samsung SGH-E330N
0,903
Samsung SGH-E340E
0,822
0,648
Samsung SGH-E370
0,486
Samsung SGH-E380
0,906
Samsung SGH-E530
0,762
Samsung SGH-E590
0,447
Samsung SGH-E700
0,795
Samsung SGH-E710
1,000
Samsung SGH-E720
0,664
0,345
0,940
Samsung SGH-E800
0,322
Samsung SGH-E810
0,500
Samsung SGH-E900
0,355
Samsung SGH-F110 miCoach
0,509
Samsung SGH-F210
0,201
Samsung SGH-F300 Ultra Music
0,679
Samsung SGH-F330
0,759
Samsung SGH-F480 Touchwiz
0,898
Samsung SGH-G600
0,565
Samsung SGH-G800
0,194
Samsung SGH-i200
0,876
0,743
Samsung SGH-i320
0,774
Samsung SGH-i450
0,829
Samsung SGH-i550
0,679
Samsung SGH-i600
0,776
Samsung SGH-i600U
0,776
Samsung SGH-i780
0,514
Samsung SGH-i900 Omnia
0,671
Samsung SGH-J200
0,716
Samsung SGH-J400
0,189
Samsung SGH-J700
0,499
Samsung SGH-L170
0,705
Samsung SGH-L700
0,718
Samsung SGH-L700i
0,722
Samsung SGH-L760
0,554
Samsung SGH-L870
1,040
Samsung SGH-M110
0,288
Samsung SGH-M300
0,991
Samsung SGH-M310
0,379
Samsung SGH-P400
1,180
Samsung SGH-P510
0,897
Samsung SGH-P520 Armani
0,920
Samsung SGH-S100
1,010
Samsung SGH-S200
0,843
Samsung SGH-S300
1,140
Samsung SGH-U600 UE 10.9
0,719
Samsung SGH-U600B EVO
0,421
Samsung SGH-U700 UE 12.1
0,822
Samsung SGH-U700B EVO
0,822
Samsung SGH-U800 Soul b
0,620
Samsung SGH-U900 Soul
0,692
Samsung SGH-V200
0,685
Samsung SGH-X100
0,758
Samsung SGH-X160
0,976
0,740
0,578
Samsung SGH-X450
0,980
0,846
0,679
Samsung SGH-X510
0,781
Samsung SGH-X520
0,850
Samsung SGH-X600
0,842
0,795
Samsung SGH-X650
0,711
Samsung SGH-X660
0,816
Samsung SGH-X670
0,848
Samsung SGH-X680
0,801
0,197
Samsung SGH-X820 UE 6.9
0,639
Samsung SGH-X830
0,119
Samsung SGH-Z105
0,699
Samsung SGH-Z107
0,630
Samsung SGH-Z140/Z140V
0,770
Samsung SGH-Z150
0,597
Samsung SGH-Z230
0,988
Samsung SGH-Z240
0,349
0,702
Samsung SGH-Z400
0,655
0,994
Samsung SGH-Z540
0,540
Samsung SGH-Z710
0,432
Samsung SGH-Z720 UE 13.8
0,795
Samsung Ultra b
1,080
Samsung Ultra TOUCH S8300
0,548
(Sumber : Badan FCC Amerika)
Tabel 2 Data SAR Handphone Blackberry
Model
SAR
W/Kg
Additional Info
BlackBerry 7130 g/v
0,730
v4.2.1
BlackBerry 7130c
1,730
v4.2.1
BlackBerry 8100
0,760
v4.2
BlackBerry 8300
0,820
v4.2.2 och v4.5
BlackBerry 8700 c/r
1,050
v4.3 och v4.5
BlackBerry 8700 f/g/v
1,040
v4.3 och v4.5
BlackBerry 8800
0,910
v4.2.1 och v4.5
BlackBerry 8820
1,000
v4.2.2 och v4.5
BlackBerry 8830
1,220
GSM / v4.2.2
BlackBerry 8830 World Edition
0,860
CDMA / v4.2.2
BlackBerry Bold 9000
0,840
v4.6
BlackBerry Curve 8310
0,590
v4.2.2 och v4.5
BlackBerry Curve 8320
0,600
v4.2.2 och v4.5
BlackBerry Pearl 8220
0,660
v4.6
(Sumber : Badan FCC Amerika)
Tabel 3 Data SAR Handphone Nokia
Model
SAR (W/kg)
Additional info
Nokia 100
1,280
RH-130
Nokia 1100
0,670
Nokia 1101
0,670
Nokia 1110
0,780
Nokia 1110i
0,780
Nokia 1112
0,780
Nokia 1200
1,010
RH-105
Nokia 1200
1,070
RH-99
Nokia 1208
0,810
Nokia 1600
0,820
Nokia 1616
1,160
RH-125
Nokia 1650
0,980
Nokia 1661
1,380
RH-122
Nokia 1680 Classic
1,190
Nokia 1800
1,180
RM-653
0,550
Nokia 2200 slide
0,730
RM-590
Nokia 2300
0,860
Nokia 2310
0,640
Nokia 2330 classic
0,980
RM-512
0,800
Nokia 2600 Classic
0,950
Nokia 2610
0,560
Nokia 2626
0,680
Nokia 2630
0,700
0,540
Nokia 2652
0,540
Nokia 2680 Slide
0,600
Nokia 2700 classic
0,840
RM-561
Nokia 2720 fold
0,960
RM-519
Nokia 2730 classic
1,020
RM-578
Nokia 2760
0,970
0,760
Nokia 3109
0,960
Nokia 3109 Classic
0,820
Nokia 3110 Classic
0,820
Nokia 3110 Evolve
0,820
0,790
Nokia 3120 Classic
0,980
Nokia 3200
0,560
0,780
Nokia 3230
0,390
0,640
Nokia 3300
0,770
Nokia 3310
0,960
Nokia 3330
0,960
Nokia 3410
0,810
Nokia 3500 Classic
0,430
Nokia 3510i
0,830
Nokia 3600 Slide
0,690
RM-352 Swedish
Nokia 3650
0,720
Nokia 3660
0,750
Nokia 3710 fold
0,950
RM-509
0,480
RM-518
Nokia 500
1,180
RM-750
Nokia 5030
1,060
RM-524
Nokia 5070
0,840
Nokia 5100
0,480
Nokia 5130 XpressMusic
1,160
RM-495
Nokia 5140
0,770
0,770
Nokia 5200
0,900
Nokia 5210
0,620
Nokia 5220 XpressMusic
1,010
Nokia 5230
1,100
RM-588
Nokia 5250
1,040
RM-684
Nokia 5300
0,800
Nokia 5300 XpressMusic
0,800
Nokia 5310 XpressMusic
1,070
Nokia 5320 XpressMusic
1,000
Nokia 5500 Sport
0,500
Nokia 5530 XpressMusic
0,780
RM-504
Nokia 5610 XpressMusic
1,140
Nokia 5630 XpressMusic
1,270
RM-431
Nokia 5700
1,240
Nokia 5700 XpressMusic
1,240
Nokia 5800 Gun Black
Nokia 5800 XpressMusic
1,000
RM-356
Nokia 6020
0,520
Nokia 6021
0,720
0,700
0,770
Nokia 6070
0,730
Nokia 6080
0,840
Nokia 6085
1,150
Nokia 6086
1,150
Nokia 6100
0,600
0,820
Nokia 6103
0,750
Nokia 6110 Navigator
1,160
0,840
Nokia 6120
1,180
0,640
0,850
Nokia 6131 NFC
0,960
RM-216
Nokia 6136
0,730
Nokia 6151
1,020
0,340
Nokia 6210 Navigator
0,910
RM-367 Swedish
Nokia 6212 Classic
0,790
RM-396 Swedish
Nokia 6216 classic
0,570
RM-531
Nokia 6220
0,660
Nokia 6220 Classic
1,080
0,590
Nokia 6230i
0,700
0,800
Nokia 6234
0,870
RM-123
0,720
Nokia 6267
0,310
0,740
0,800
Nokia 6288
0,800
Nokia 6290
0,470
Nokia 6300
0,570
Nokia 6300i
0,970
RM-337 Swedish
Nokia 6301
0,820
Nokia 6310
0,810
NPE-4
Nokia 6310i
0,820
NPL-1
Nokia 6500 Classic
0,950
Nokia 6500 Slide
1,100
Nokia 6555
0,890
0,800
Nokia 6600 Fold
0,610
Nokia 6600 Slide
0,440
Nokia 6600i Slide
0,350
RM-570
Nokia 6610i
0,730
Nokia 6630
0,830
Nokia 6650
0,640
Nokia 6670
0,670
0,630
Nokia 6681
0,790
0,410
RM-470
Nokia 6700 slide
0,910
RM-576
Nokia 6710 Navigator
1,030
RM-491
Nokia 6720 classic
0,690
RM-424
Nokia 6730 classic
1,240
RM-566
Nokia 6760 slide
0,850
RM-573
Nokia 6810
0,820
Nokia 6820
0,720
Nokia 6822
0,670
Nokia 700
1,430
RM-670
Nokia 7020
0,590
RM-497
Nokia 7200
0,360
Nokia 7230
0,970
RM-604
Nokia 7250
0,600
Nokia 7250i
0,600
NHL-4jx
Nokia 7260
0,510
Nokia 7270
0,460
Nokia 7280
0,830
Nokia 7310 Supernova
0,960
RM-379 Swedish
Nokia 7310 Supernova
1,030
RM-378
Nokia 7360
0,600
Nokia 7370
0,660
Nokia 7373
0,730
Nokia 7380
0,650
Nokia 7390
0,410
Nokia 7500 Prism
0,500
Nokia 7510 Supernova
0,520
RM-398
Nokia 7600
0,710
Nokia 7610
0,540
Nokia 7650
0,350
Nokia 7710
0,530
Nokia 7900 Prism
0,830
Nokia 8600 Luna
0,880
0,500
Nokia 8800 Arte
0,390
RM-233 Swedish
Nokia 8800 Carbon Arte
0,390
RM-233 Swedish
Nokia 8800 Sapphire Arte
0,390
Nokia 8800 Sirocco
0,360
RM-165 Swedish
Nokia 8890
0,260
Nokia 8910i
0,430
Nokia 9210i
0,340
Nokia 9300
0,240
Nokia 9300i
0,290
Nokia 9500
0,490
Nokia Asha 300
1,510
RM-781
Nokia C1-01
0,680
RM-607
Nokia C2-01
1,200
RM-721
Nokia C2-05
0,600
RM-724
Nokia C3-00
1,090
RM-614
Nokia C3-01 Touch and Type
1,180
RM-640
Nokia C5-00
1,340
RM-645
Nokia C5-03
1,360
RM-697
Nokia C6-00
1,050
RM-612
Nokia C6-01
1,030
RM-718
Nokia C7-00
0,730
RM-675
Nokia E5-00
0,880
RM-632
Nokia E50
0,970
Nokia E51
1,400
Nokia E52
1,230
RM-469
Nokia E6-00
1,140
RM-609
0,680
0,790
Nokia E61i
0,900
Nokia E65
0,740
Nokia E66
1,370
RM-343 Swedish
Nokia E7-00
0,560
RM-626
1,010
Nokia E71
1,530
RM-357 RM-407
Nokia E71
1,330
RM-346 Swedish
Nokia E72
1,310
RM-530
Nokia E75
1,200
RM-412
Nokia E90
0,650
Nokia Lumia 710
Nokia Lumia 800
0,940
RM-801
Nokia Lumia 900
Nokia N-Gage
0,370
Nokia N-Gage QD
0,570
0,950
Nokia N70 ME
0,950
0,410
Nokia N72
0,760
Nokia N73
1,130
Nokia N73 ME
1,120
Nokia N76
1,040
Nokia N77
1,280
Nokia N78
1,230
Nokia N79
1,400
RM-348 Swedish
1,050
RM-596
0,680
Nokia N80 IE
0,680
Nokia N81
1,150
Nokia N81 8GB
0,960
Nokia N82
1,350
RM-313 Swedish
Nokia N82
0,620
obsolete value
Nokia N85
0,850
RM-333 Swedish
Nokia N86 8MP
0,760
RM-484
Nokia N9-00
1,160
RM-696
0,290
Nokia N900
0,800
RX-51
0,480
Nokia N91 8GB
0,480
Nokia N92
0,920
Nokia N93
0,540
Nokia N93i
0,840
Nokia N95
0,580
Nokia N95 8GB
0,470
Nokia N96
0,910
Nokia N97
0,660
RM-505
Nokia N97 mini
0,670
RM-555
Nokia X3 Touch and Type
Nokia X3-02
Nokia X6
1,110
RM-559
Nokia X6 16GB
Nokia X6 32GB
Nokia X6 8GB
Nokia X7-00
0,940
RM-707
(Sumber : Badan FCC Amerika)
Radiasi tidak dapat ditolak sebab seorang pengguna Handphone dan seorang bukan pengguna handphone akan memiliki bahaya radiasi berupa gelombang yang dapat bergerak kemana saja tanpa melalui medium. Namun, tingkat terpapar radiasi akan berbeda. Sehingga kita tidak dapat mencegah terpapar radiasi tetapi dapat mengurangi paparan radiasi tersebut dengan cara : 
  • Dianjurkan menggunakan headset berkabel saat telepon. Penggunaan alat untuk member jarak anda dengan sumber radiasi yang lebih jauh sehingga radiasi yang diterima juga lebih kecil. Dan disarankan untuk tidak telepon lama-lama. Baiknya hanya 2 atau 3 menit saja, untuk meminimalisir radiasi pada telinga 
  • Dianjurkan sms daripada telepon. Jika tidak ada hal yang penting, penggunaan sms lebih efektif daripada harus telepon, untuk menghindari radiasi. Sebab radiasi saat telepon lebih besar dari sms. 
  • Jangan meletakkan ponsel di saku celana Anda. Hal ini bisa berakibat fatal bagi fungsi organ reproduksi Anda. 
  • Kurangi penggunaan Bluetooth dan non-aktifkan bluethoot saat tidak dipakai. Sebab Bluetooth juga mengandung efek radiasi.Disarankan untuk tidak telepon lama-lama. Baiknya hanya 2 atau 3 menit saja, untuk meminimalisir radiasi pada telinga. 
  • Jangan meletakkan Handphone di dekat tempat anda tidur atau bahan dibawah bantal anda. 
  • Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c sebab vitamin c dapat memperbaharui sel yang mengalami kerusakan akibat radiasi. 
Beberapa arti istilah yang digunakan di atas:
  • Agitasi : Pelepasan molekul air dari sel akibat radiasi.
  • Alzheimer : Sejenis sindrom dengan opoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan.
  • Bluetooth : Spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi tanpa kabel. 
  • Eksitasi : Proses penyerahan energi radiasi ke suatu atom atau molekul tanpa mengakibatkan ionisasi.
  • Fitur : Aspek-aspek keistimewaan, karakteristik, layanan khusus, ragam keuntungan yang diintegrasikan atau dibawa di dalam suatu produk.
  • Headset : Gabungan antara headphone atau mikrofon.
  • Ionisasi : Proses fisik mengubah atom atau molekul menjadiion dengan menambahkan atau mengurangi partikel bermuatan seperti elektron dan lainnya.
  • Leukimia : Penyakit dalam klasifikasi kanker pada darah atau susmsusm tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih).
  • Mobilitas : Mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.
  • Parkinson : Penyakit degeneratif saraf yang ditemukan pada tahun 1817 oleh Dr. James Parkinson.
  • SAR : Specific Absorbtion Rate (Laju penyerapan spesifik) Suatu ukuran jumlah energi frekuensi radio yang di serap tubuh saata menggunakan telepon seluler. 
  • Vertigo : Gangguan keseimbangan dalam telingan bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang sekelilingnya menjadi serasa berputar ataupun melayang.
  • Viabilitas : Kemampuan atau daya hidup benih untuk tumbuh secara normal pada kondisi optimum.
  • Videophone : Telepon dengan layar video dan mampu menangkap video (gambar) sekaligus suara yang ditransmisikan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.