Header Ads

Teluk Sulaiman dan Air Terjun di Pulau Kecil

Dari biduk-biduk jika kalian ingin ke air terjun ini kalian bisa menggunakan perahu motor atau speeedboat. Tempat penyewaannya tersedia di tempat khusus yaitu di teluk sulaiman kalau dari pantai biduk-biduk, kearah selatan sampai ujung nnti jalannya akan putus disitu. Mobil yang kalian bawa di tinggal di parkiran teluk sulaiman ini. Jangan khawatir pasti aman dan banyak kok lahan parkiranya. Tetapi hati hati ketika turun, karena tanah di sini secara keseruruhan kalimantan timur banyak yang seperti tanah liat. Sehingga lembab dan licin. Apa lagi kalau kemarennya sempat ujan maka akan becek dan berlumpur. Saran saya lebih baik menggunakan sendal yang nyaman. Boleh sih menggunakan sepatu nyaman biar tidak ter gelincir tetapi di paragraf selanjutnya saya akan jelaskan mengapa lebih baik tidak menggunakan sepatu.
Harga penyewaan kapal disini bervariasi tergantu berapa destinasi tujuan kalian (1, 2, atau 3). Jika 2 destinasi maka akan terkana harga Rp.700.000,- dan jika 3 destinasi aka Rp.900.000,-. Satu kapal maksimal 10 orang. Oh iya, kapalnya akan menunggu kalian sampai kalain selesai loh. Saat naik kapal kalian akan diberikan pelampung dan naik melalu dermaga ini. Di sepanjang jalan dijamin bagus banget untuk mengabadikannya baik foto maupun video, karena tempatnya indah.
Jika kalian beruntung kalian dapat melihat lumba-lumba yang sedang bermain di permukaan . Sayang aku tidak beruntung. Perjalanan pertama kami ke air terjun dan ini lah alasan kenapa kalian tidak boleh menggunakan sepatu. Karena saat turun tidak ada dermaganya. Kalian akan diturunkan di pantai yang kira kira dalamnya sedengkul orang dewasa. Jadi, kalau kalian pakai sepatu pasti harus copot sepatu agar tidak basah atau ya sepatu kalian basah. Nah, tips yang kedua pakailah celama pendek. Jika pakai celana panjang kalian akan basah juga. atau jika memang ingin basah maka pakai lah baju yang ingin kamu pakai untuk berenang.
Atau jika terlanjur menggunakan baju yang tidak ingin digunakan berenang dan tak ingin basah kalian biasa seperti seseorang yang kami temui di sana. Seorang pria turun kemudian menggendong belakang seorang wanita menggunakan gamis panjang. Sepertinya ini cara bisa digunakan jika kalian terlanjur memakai baju yang panjang dan tak ingin di pakai berenang.
Ketika sampai dan turun kalian akan menemukan banyak sekali batu batu besar dan kecil tapi itu menjadi spot foto menarik, seperti ini :
Saat sampai aku bertanya-tanya, dimana air terjunnya karena yang aku pandangi hanya pohon dan batuan. Ternyata butuh perjuangan lebih untuk melihat keindahan air terjunnya. Air terjun terletak di atas dan harus melewati jalan setapak yang licin dan banyak akar pohon. Hanya dilengkapi dengan tali tambang disebelah kiri untuk pegangan agat tidak tergelincir jatuh.
Air terjun ini ada 2 tingkat yang satu kecil dan satunya tinggi. di air terjun kecil ini kamu bisa bermain peluncuran tetapi hati hati ya awas tergelincir.
Air terjun Biduk-biduk
Air terjun
Di sini mungkin kurang nyaman untuk mandi dan berenang karena terlalu kecil dan sempit begitu ada rombongan lainnya kita tak muat di tepian air terjunnya sehingga ketika rombongan lainnya datang kami kembali turun dan melanjutkan perjalannan kami ke pulau kaniungan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.