Header Ads

Neraca Analitik


Neraca analitik digunakan untuk menimbang bahan dan alat kimia, biasanya menggunakan digit empat angka dibelakang koma. Tujuannya untuk memperoleh massa zat dengan ketelitian yang tinggi.
Neraca analitik memiliki bagian-bagian alat antara lain :
Bagian neraca analitik
Bagian neraca analitik

  • Tombol display : dalam tombol display terdapat tombol on/off, tombol mode, dan re-zero. Tombol on/off berfungsi untuk menyalakan dan mematikan neraca analitik. Tombol mode berfungsi untuk memilih satuan saat menimbang yang akan digunakan. Tombol re-zero berfungsi untuk mengnolkan neraca.
  • Mata setimbang : berfungsi untuk menyetimbangkan neraca analitik berhubungan dengan data atau tidaknya suatu permukaan.
  • Pengatur mata setimbang : berfungsi untuk mengatur agar mata setimbang berada ditengah.
  • Piringan : berfungsi untuk meletakkan sampel yang aka ditimbang.


Cara penggunaan

Sebelum menggunakan neraca analitik, lihat mata setimbang dan bila belum setimbang, setimbangkan terlebih dahulu dengan pengatur setimbang sampai mata setimbang berada ditengah. Sebelum digunakan pastikan neraca dalam keadaan bersih, bersihkan dengan kuas cat yang kering. Sambungkan kabel neraca ke stabilizer, kemudian menekan tombol ON/OFF untuk menyalakan neraca analitik. Sebelum digunakan untuk penimbangan, neraca dipanaskan selama kurang lebih 10-15 menit. Tekan tombol re-zero lalu masukkan botol timbang dan tekan tombol re-zero lagi. Sampel dimasukkan sedikit demi sedikit sampai bobot yang diinginkan. Jika kelebihan sampel saat menimbang, sampel tidak boleh diambil lagi dan penimbangan diulang. Neraca ditutup kembali, menekan tombol re-zero, lalu menekan tombol ON/OFF untuk mematikan neraca analitik. Kabel dicabut dari stabilizer dan neraca dibersihkan kembali menggunakan kuas yang kering dan bersih.

Cara pemeliharaan

Neraca analitik disambungkan ke stabilizer agar arus listrik tetap stabil. Sebelum digunakan neraca anlitik harus dilakukan pemanasan selama 10-15 menit agar memperoleh hasil yang tepat saat penimbangan. Didalam neraca harus selalu dalam keadaan bersih agar tidak merusak alat. Saat dilakukan penimbangan jangan terlalu banyak orang di dalam ruangan, karena dapat memengaruhi neraca analitik. Ruangan tempat menyimpan neraca harus tertutup dan berada di ruangan ber-AC.


Aplikasi

Neraca analitik dapat digunakan untuk menimbang bahan kimia dan alat-alat kimia (cawan porselin, piknometer, kaca arloji dll.) yang memiliki bobot yang tidak melewati batas dari neraca. Selain itu, neraca analitik juga dapat menimbang bahan yang akan digunakan untuk membuat media untuk bakteri, jamur atau media tanam kultur jaringan dan mikrobiologi dalam praktikum dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Berikut video untuk membantu kalian memahami bagaimana cara menggunakan Neraca analitik. Selamat belajar.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.