Header Ads

Fungsi, Bagian, Cara Pengoperasian, Cara Pemeliharaan dan Aplikasi Turbidimeter

Sinar yang datang mengenai suatu partikel ada yang diteruskan dan ada yang dipantulkan, maka sinar yang diteruskan digunakan sebagai dasar pengukuran(Day and Underwood, 2002). Bahan yang dapat dihitung hanya bahan koloid karena memiliki partikel-partikel yang dapat membelokkan cahaya dan besar pe,belokan caya itulah yang diukur pada alat ini.

Turbidimeter memiliki bagian alat antara lain :

  • Tempat sampel : berfungsi sebagai wadah dari sampel yang akan diukur.
  • Sampel : bahan yang akan diukur.
  • Tombol kalibrasi : berfungsi untuk mengkalibrasi alat.
  • Tombol setting : berfungsi untuk mengatur alat.
  • Tombol power : tombol ini merupakan tombol ON/OFF yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan alat.

Cara pengoperasian

Tekan tombol power untuk menyalakan. Sebelum sampel dimasukkan dalam kuvet, kuvet ditutup dan dibersihkan dengan minyak silikon. Setelah dibersihkan permukaan kuvet tidak boleh disentuh karena dikhawatirkan akan ada lemak dan air yang menempel pada permukaan dan mengganggu hasil pengamatan. Kocok sampel dalam kuvet dengan cara memegang tutup atau dengan memegang atas dan bawah kuvet kemudian digerakkan searah agar homogen, jangan menyentuh samping kuvet.

Letakkan kuvet dengan posisi panah saling berhadapan antara panah pada tabung dan panah pada turbidimeter. Ini karena tebal dari setiap permukaan kuvet tidak sama, sehingga harus diberi tanda agar setiap pengukuran yang dilakukan dengan ketebalan yang sama sehingga tidak mempengaruhi pada hasil pengamatan. Tekan tombol untuk mengukur nilai turbiditasnya. Tunggu hingga muncul angka pada layar. Kemudian kuvet dapat di keluarkan dan untuk mematikan turbidimetri dapat dengan menekan tombol power.

Perhitungan yang di pakai dalam penggunaan turbidimeter adalah :
y = a + bx
Rumusan ini di gunakan untuk menggambarkan persamaan garis dan mencari konsentrasi dari sampel yang sama jika sudah diketahuiturbiditas dari hasil sampel yang sudah ada datanya.
Contoh jika persamaan garisnya adalah y = -0.4286 + 5.1571x

Cara pemeliharaan

Botol yang digunakan sebagai wadah sampel dibersihkan setelah digunakan lalu dikeringkan dengan menggunakan lap. Lap yang digunakan untuk membersihkan botol tidak boleh yang berbahan kasar karena akan merusak botol sampel.

Alat harus di kalibrasi, dengan cara

Tekan tombol kalibrasi dan ikuti petunjuk yang tertera di layar. Alat turbudimeter yang satu dengan yang lain dapat berbeda caranya sesuai dengan tipe. Setiap ingin memasukkan kuvet yang berisi larutan standar, harus dibersihkan terlebih dahulu dengan minyak silikon. Pengukurannya diukur dari konsentrasi yang rendah ke yang tinggi, biasanya dari 20 NTU, 100 NTU, 800 NTU. Kemudian setelah selesai di cek dengan menggunakan 10 NTU. Digunakan 10 NTU karena sudah mendekati limit deteksi alat dan diharapkan kesalahannya hanya ±1 NTU. Jika sudah benar maka kalibrasi selesai dan alat dapat digunakan.

Aplikasi

Digunakan untuk menentukan kejernian air, dan konsentrasi dari bahan-bahan koloid lainnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.