Header Ads

Labuan Cermin "Danau Dua Rasa" Kalimantan Timur

Sehabis bermain main dalam air asin tak lengkap rasanya jika tak berenang dan mandi di air tawar kan. Sesampainya kami di Teluk Sulaiman sepulangnya dari pulau Kaniungan. Kami memutar mobil menuju Labuan Cermin. Ini sering disebut danau dua rasa. Mengapa dua rasa telaga ini airnya langsung menuju laut dan sinilah pertemuan air laut dan air tawar. katanya di daerah atas air nya tawar dan di bawah akan terasa asin.
Labuan cermin

Dari dermaga ini kalian akan di bawa oleh sebuah kapal dengan ongkos hanya Rp150.000,- menuju lokasi yang paling baik untuk berenang. Ini dia lokasinyha
Labuan cermin
Tempatnya sejuk kedalaman air mencapai 5 meter lebih. kalian bisa menyewa pelampung jika takut tenggelam seperti aku. atau jika ingin melihat lihat saja ada kapal kecil yang dapat disewa untuk mengelilinginya. Bukan kapal seperti di Telaga biru tetapi lebih besar dan bermotor, cukup untuk 6 orang penumpang.
Dengan pelampung aku bisa tiduran sampil memandangi langit biru yang tak begitu silau karena banyak pohon yang menutupi sinar sang mentari.
Di sini juga ada penyewaan untuk diving. Kami sempat ingin menyewa tetapi harus menggunakan KTP yang ditinggal setelah alat diving dipulangkan barulah KTP nya akan dikembalikan. Karena ini kami gagal meminjam alat divingnya, karena saat itu lupa membawa KTP dan ditinggal di tas. Mungkin lain kali jika kalian kesana bisa membawa alat diving sendiri atau setidaknya membawa KTP saat meminjamnya. 
Menurutku labuan cermin ini cukup nyaman untuk berendam dan menenangkan diri di dalam air. Karena airnya sungguh tenang dan dingin. Sangking dinginnya rahangku sampai bergetar sewaktu awal masuk ke danau ini. 
Sayangnya, kurang dalam pengelolaan saja. tempat ini masih harus perlu pengelolaan seperti di tepiannya tanahnya masih tidak rata dan dipenuhi akar akat bohong sehingga sulit sekali untuk berjalan. Tempat mengganti pakaian sudah ada tetapi karena jalannya licin dan sulit akibat banyak akar dan pohon sehingga saya lebih memutuskan pulang dengan basah dan membilasnnya di hotel kami menginap. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.