Header Ads

Membuat soal TTS Kimia menggunakan EclipseCrossword

Bagi kamu yang sekarang mengajar kimia baik guru privat, les dan lainnya pasti sangat sulit mengajarkan materi hapalan. Mengapa? karena jika kita hanya mendongeng kan nya maka belom tentu anak-anak mampu menghapalkannya. harus ada soal. tetapi terkadang membosankan dan bingung juga jika tiap kita datang kita membawa soal yang mirip. Mengapa mirip? karena untuk menghapal harus di ulang lagi ulang lagi sehingga soalnya pasti mirip. Lebih kesal lagi jika, si anak tidak ingat dan sudah pertemuan ke sekian kalinya dia masih menanyakan hal yang sama. Padahal soal yang kita berikan mirip mirip. Jika itu terjadi di materi hitungan kita bisa mencontohkan soal lain. Tetapi jika itu terjadi di materi hapalan maka itu menjadi sulit. Sebab, hanya ada dua cara, pertama berikan kesempatan anak melihat buku, atau beri tau jawabannya. Tetapi jika terus begini maka anak tidak dapat menghapal dan mengingat dengan baik. 

Selain soal essay dan pilihan berganda. ada banyak cara yang bisa dilakukan.
  1. Soal cerita dengan sebagian cerita merupakan titik titik yang harus diisi.
  2. Soal mencocokkan, ada banyak pernyataan dan dicockkan.
  3. Soal TTS 
Mungkin ada metode lain selain di atas. Tetapi yang baru aku kerjakan adalah di atas. Metode 1 dan 2 mudah untuk di kerjakan. tetapi metode yang ketiga bati saya sulit di buat. Sehingga saya mencari informasi cara membuat TTS dan yang paling mudah adalah menggunakan EclipseCrossword. Kalian bisa klik disini untuk mendownloadnya dan kalian akan dibawa ke situs resminya. Ini memang diberikan gratis. Cara download hingga print hasil nya akan kita bahas sekarang.

Download Aplikasi
Klik disini kamu akan dibawa ke seb resminya, setelah terbuka 
Kemudian Klik ini pada web tersebut :
dan tunggu beberapa saat hingga download berhasil.
Instal Aplikasi
Buka file hsil download, dan Next, di setiap bagian sampai Finish.
Membuat soal TTS
Buka softwarenya, jika tidak muncul di dekstop maka cari saja dengan nama "eclipse".
Setelah dibuka maka muncul seperti ini
Pilihan pertama itu untuk membuat soal TTS baru, dan pilihan kedua untuk mengubah soal yang pernah kita buat dan next untuk lanjut.
Akan muncul tampilan berikutnya 
klik next
tulislah jawaban di kolom Word dan pertanyaannya di kolom Clue for the word. Jawaban hanya satu kata. 
 setelah semua soal dan jawaban di masukkan maka klik next.
 Isi nama TTS tersebut pada Name of the crossword dan nama anda sebagai penulis soal.
 kemudian next
Nah sampai sini berarti TTS buatan kamu sudah selesai dan jadi. Bagaimana cara untuk mencetaknya?
Cara mencetak / print :
Klik next untuk lanjut mencetak dan pilih print crossword
Klik print everything checked above . Pastikan PC atau laptop kamu terhubung ke printer. setelah itu dia akan mencetak secara automatis. Tetapi jika kamu tidak terhubung dengan print kamu dapat menyimpan filenya dalam bentuk web. Caranya :
Klik save a web page
Kemudian klik Empty grid and clues ,akan tampil seperti biasa kamu menimpan file. Pilih lokasinya dan berinama file nya.
Save
setelah disimpan maka file dapat dibuka dengan menggunakan internet explorer. Namun jangan khawatir meski menggunakan internet explorer tetapi file ini dapat dibuka meski sedang tidak online.
Jika ingin melihat secara utuh ini saya berikan link yang sudah saya buat (klik disini)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.