Header Ads

10 Alat-Alat Sederhana di Laboratorium Kimia Beserta Fungsinya Part 3


Bekerja dalam laboratorium memerlukan keterampilan yang lebih dari yang lain. banyaknya alat bukan berarti membuat seorang analis (orang yang bekerja di laboratorium) dapat menggunakannya sesuka hati, harus serba hati hati dan menggunakan alat laboratorium sesuai dengan fungsinya. Sebagai laboran atau praktikan (seorang mahasiswa/i atau siswa/i yang belajar kimia di laboratorium) sudah seharusnya mengenal macam-macam alat dan fungsinya. Mengenal fungsi dan nama alat laboratorium kimia mampu mencegah kecelakaan bekerja di laboratorium.
  • Tongs (Penjepit)
Tons (penjepit) ini biasa dugunakan untuk menjepit benda yang tidak boleh terkena tangan. Cara memegang tong ini seperti memegang gunting biasa.
  • Tripod Stand (Kaki Tiga)
Kaki tiga ini berfungsi untuk tempat menyanggah benda yang ingin dipanaskan di atas spirtus atau buret.
  • Botol Tetes
Botol tetes ini dilengkapi tutup yang fungsinya seperti pipet tetes. Biasanya botol tetes ini diisi ragen seperti indikator asam basa atau beberapa bahan lainnya yang sering digunakan hanya beberapa tetes dalam pengujian.
  •  Kaca Arloji

Kaca arloji berfungsi sebagai penutup saat melakukan pemanasan terhadap suatu bahan kimia, untuk menimbang bahan-bahan kimia, untuk mengeringkan suatu bahan dalam desikator, dan juga untuk wadah menimbang bahan dalam jumlah yang tudak sedikit.
  • Bulb / Filler / Karet Penghisap
Bulb ini berfungsi untuk menghisap larutan yang akan dari botol larutan dengan cara dipasang pada ujung pipet yang digunakan.
  • Hot Hands
 Hot hands terbuat dari rubber atau karet sehingga tahan terhadap panas. Hot hands ini berfungsi untuk melindungi tangan saat memegan peralatan laboratorium yang masih panas.
  • Indikator Universal 

Indikator universal ini berfungsi untuk mengidentifikasi keasamaan larutan/zat yang lebih teliti dari kertas lakmus, karena dapat menentukan dari pH 1-14. Cara menggunakan indikator universal : kertas indikator universal dicelupkan kemudian dicocokan warna yang ada pada kotak kertas universal.
  • Kawat Nikrom
Kawat nikrom digunakan untuk ujinyala beberapa zat.
  • Pipa Kapiler

Pipa kapiler berfungsi untuk mengalirkam gas ke tempat tertentu dan digunakan pula dalam penentuan titik lebur suatu zat.
  • Spatula
Spatula berfungsi untuk mengambil bahan-bahan kimia dalam bentuk padatan, misalnya dalam bentuk kristal. Untuk zat-zat yang bereaksi dengan logam digunakan spatula plastik sedangkan zat-zat yang tidak bereaksi dengan dengan logam dapat digunakan spatula logam.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.