Header Ads

10 Alat-Alat Sederhana di Laboratorium Kimia Beserta Fungsinya Part 2


Bekerja dalam laboratorium memerlukan keterampilan yang lebih dari yang lain. banyaknya alat bukan berarti membuat seorang analis (orang yang bekerja di laboratorium) dapat menggunakannya sesuka hati, harus serba hati hati dan menggunakan alat laboratorium sesuai dengan fungsinya. Sebagai laboran atau praktikan (seorang mahasiswa/i atau siswa/i yang belajar kimia di laboratorium) sudah seharusnya mengenal macam-macam alat dan fungsinya. Mengenal fungsi dan nama alat laboratorium kimia mampu mencegah kecelakaan bekerja di laboratorium.
  • Column chromatography (Kolom kromatografi)
Kolom kromatografi ini digunakan pada metodepemisakan kromatografi kolom. Kolom kromatografi ini bentuknya seperti buret tepati tidak ada skala dan biasanya lebih besar diameternya. Kolom kromatografi fungsinya sebagai wadah untuk fase diam saat proses kromatografi kolom. Diujung kolom kromatografi ini ada cerat seperti keran untuk mengeluarkan eluen dan sampel hasil pemisahan.
  • Tabung reaksi
Tabung reaksi berfungsi sebagai wadah untuk mereaksikan atau mencampurkan senyawa senyawa dalam volume kecil. 
  • Corong
Corong berfungsi membantu memindakaan larutan dari wadah bermulut lebar kewadah bermulut kecil atau sempit. Corong juga seing digunakan pada proses penyaringan sebagai wadah untuk meletakkan kertas saring.
  • Batang pengaduk
Batang Pengaduk terbuat dari kaca seperti sendok tetapi memiliki batang yang panjang dan kelapa yang kecil. Batang pengaduk berfungsi untuk membantu mengaduk, mencampur dan melarutkan bahan.
  • Desikator
Desikator fungsinya untuk mengurangi kadar air bahan dengan cara menyerap uap air bahan. Silica gel yang terdapat pada bagian bawah kondensor akan menyerap uap air bahan.
  • Piknometer
Piknometer digunakan untuk menentukan viskositas larutan. 
  • Tabung centrifuge
Tabung centrifuge seperti tabung reaksi tetapi ujungnya lancip. Seperti namanya tabung ini digunakan untuk metode pemisahan dengan gaya sentrifuge. Tabung centrifuge ini akan diletakkan pada alat cetrifuge. Tabung centrifuge ini dilengkapi tutup untuk menghindari larutan tumpah saat pemisahan dilakukan.
  • Pipet tetes
Pipet tetes digunakan untuk menuang larutan dengan volume yang sangat kecil dan tidak memerlukan ketelitian yang besar.
  • Bunsen Burner
Bunsen burner berfungsi menghasilkan api untuk pemanasan. Biasanya digunakan gas alam dan terdapat lubang dibawah untuk mengatur besar kecilnya api.
  • Kondensor
Kondensor berfungsi untuk mendinginkan uap panas dengan menggunakan aliran air dingin. Uap akan lewat dari tengah dan air akan mengalir di bagian luarnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.