Header Ads

Website Belajar Bahasa Inggris Gratis dan Lengkap


Saya sangat susah mengerti bahasa inggris. Saya khursus bahasa inggris dari SD hingga SMA. Tetapi tak membantu banyak. Saat ini sulit rasanya bagi saya untuk mencari informasi terbaru dibidang kimia, karena semua jurnal dan penemuan terbaru kimia ditulis dalam bahasa inggris. Bahkan niat saya melanjut ke S2 pun terhenti karena TOEFL saya tak mencukupi. Jika ingin khursus bahasa inggris sekarang sudah sulit, karena pekerjaan saya yang menyita waktu. Apakah ada yang memiliki nasib sama dengan saya?

Jangan pernah menyerah. Karena semua masalah ada solusinya. Jika kamu punya uang berlebih maka kamu dapat khursus privat dan dapat menyesuaikan dengan pekerjaanmu. Namun, itu cukup menguras kantong. Sehingga saya tak ingin menghabiskannya hanya untuk itu. Apalagi saya pernah khursus dari SD hingga SMA tetapi tak memperbaiki bahasa inggris saya. Bukan salah tempat khursusnya tetapi saya yang memang sulit mengerti.

Karena tekat untuk mengerti bahasa inggris semakin keras saya akhirnya menemukan aplikasi duolingo yang cukup membantu. Tetapi aplikasi ini kaku sehingga bahasa yang kamu gunakan adalah bahasa komputer. Tidak memiliki perasaan. Tetapi ini cukup baik untuk membantu kamu belajar bahasa inggris dari dasar.

Selesai dari aplikasi ini akhirnya saya menemukan sebuah website yang bagus dan sangat membantu bagi saya untuk mengerti bahasa inggris. Website ini juga memiliki kurikulum belajar layaknya kursus. kamu bisa ikuti secara teratur. Saya merasa semakin baik dalam memahami bahasa inggris setelah menggunakannya beberapa waktu belakangan ini. Dan sekarang saya sudah berani berbicara dengan orang asing melalui aplikasi chat khusus bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing (bukan hanya bahasa inggris). Di postingan selanjutnya saya akan jelaskan aplikasi apa yang saya gunakan untuk mencari teman belajar bahasa inggris dari negara yang memiliki native speaker bahasa inggris.

Inilah website yang membantu saya dalam mempelajari bahasa inggris https://learningenglish.voanews.com/ . Yang menarik dari website ini adalah banyak jenis program yang dia berikan, simpel, menarik, dan belajar grammar, vocabulary dan listening sekaligus.

Berikut beberapa programnya
Program yang saya ikuti adalah Let's Learn English - Level 1, Everyday grammar, dan English in a minute.

Program Let's Learn English - Level 1 membawa kita ke dalam kehidupan Anna (tokoh utama) yang baru pindah ke kota. Ini berisi 52 lesson. Setiap lesson ada 3 video dan 1 quiz. Video pertama seperti video keseharian dari Anna diisi subtittle bahasa inggris. Video kedua 'speaking' yang biasanya diisi dengan materi mengenai kapan kita menggunakan sebuah kata dalam sebuah kalimat. Video ketiga 'pronunciation' berisi mengenai bagaimana orang biasa menyebutkannya seperti going sering disebut dengan cara goin' tanpa g. dan diakhir ada quiz untuk mengetahui seberapa paham kamu tentang lesson tersebut.

Tidak hanya itu, tetapi level 1 ini menyediakan news, berita atau artikel yang cocok bagi kamu yang baru mempelajari bahasa inggris level 1. Setiap kosakata baru akan ditulis artinya dalam bahasa inggris sederhana.

Everyday grammar terdiri hanya satu video. Ini merupakan program yang paling saya suka. Menjelaskan banyak hal yang kita sering kurang paham mengenai penggunaannya. Seperti kata Assure, Ensure, dan Insure. Kalau diartikan semua sama sama memastikan tetapi penggunaannya berbeda. Assure akan digunakan untuk menolong seseorang yang sedang ragu. Dalam kalimat seperti ini You assure your sister that she look good in her prom dress. Ensure digunakan seseorang untuk memastikan atau memberikan garansi untuk suatu hal. I can ensure you will learn something in VOA. Sedangkan Insure digunakan untung memastikan keadaan suatu benda seperti mobil, tanah, rumah dll. Dalam kalimat You need to insure your car before you can drive it.

Program favorit saya berikutnya adalah english in a minute. Program ini menjelaskan mengenai istilah istilah bahasa inggris yang digunakan seperti all ear. I am all ear. Artinya seseorang sangat tertarik dan sangat ingin mendengarkan suatu peristiwa dengan detail.

Penjelasan setiap program sangat menarik dan mudah dipahami.

Tips belajar di VOA

  1. Ikuti beberapa program.
  2. Rutinlah membaca berita (news level 1,2, atau 3) setiap hari targetkan minimal 1 berita. Biasanya akan disajikan 3-4 berita setiap hari. Berita yang disajikan akan sesuai dengan berita mancanegara yang sedang hits. Jadi terkadang baig kamu yang pengetahuan terbatas mengenaik konflik atau sejarah dan peristiwa mancanegara, maka kamu butuh menggali topik yang kamu baca di berita, mengenai hal tersebut di dalam negeri sehingga saat membaca berita tersebut kamu sudah mengerti sedikit.
  3. Buat catatan kecil setiap kali selesai belajar coba ingat beberapa kata atau kalimat tanpa melihat ulang.
  4. Coba gunakan kata atau kalimat tersebut dalam keseharian atau dalam komunikasi dengan orang asing melalui chat yang nanti dipostingan selanjutnya saya akan beritahu aplikasinya.
  5. Selamat mencoba.
Apa saya sudah mahir berbahasa inggris sehingga saya membagikan ini? Tidak. Saya adalah anak yang sulit belajar bahasa, baik bahasa asing atau bahasa daerah. Tetapi saya hanya ingin membagikan cara saya belajar dan berusaha untuk teman-teman yang memiliki nasib sama dengan ku. Orang yang sulit memahami bahasa. Semoga membantu kalian sobat.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.