Header Ads

Mengenal Prinsip Kerja, Pemeliharaan, dan Aplikasi Sentrifuse

Sentrifuse adalah sebuah mesin yang berputar cepat, menempatkan gayasentrifugal ke isinya, untuk memisahkan cairan kepadatan yang berbeda dari satusama lain. 
Sentrifus bekerja pada prinsip sedimentasi, dan di gunakan secara luas dilaboratorium untuk studi penelitian serta dalam ilmu kedokteran.Sentrifus biasanya bersifat kompak dan terbuat dari logam atau plastik. Alat tersebut digunakan oleh motor listrik. Di dalamnya sentrifus memiliki panel untuk menenmpatkan tabung kaca, jumlah tabung kaca dapat mengakomodasi pada suatu waktu. Sebuah tombol pada tubuh mesin sentrifuse, dapat diputar untukmenyesuaikan rotasi permenit, tergantung pada jenis cairan, komponen yang harusdipisahkan, kecepatan rotasi yang diatur. 

Sentrifuse dapat memisahkan padatan dengan cairan dengan cara memutar dengan kecepatan tinggi. Kecepatan putaran dihitung dengan RPM. Kecepatan yang sangat tinggi membuat memiliki bobot jenis yang lebih besar akan tertekan ke dasar tabung, sementara yang lebih ringan akan berada di atasnya. Ini dikarenakan perbedaan dalam kepadatan dari unsur-unsur campuran dalam cairan merupakan prinsip di balik kerja perangkat sentrifus. Berikut gambar dan bagian dari sentrifuse:

Sentrifuse
Sentrifuse
  • Rotor : Bagian utama dari sentrifuse, rotor sebagai tempat meletakan tabung dan tempat untuk memutarnya. Rotor inilah yang akan berputar dengan kecepatan yang sesuai dengan yang diatur oleh pengguna. Rotor ini melekat pada sentrifuse di bagian yang berongga, dan dapat si lepaskan dan diganti dengan rotor lain.Ada tiga jenis rotor yakni swinging bucket rotor, vertical rotor, dan fixed angel rotor.
  • Tabung : sebagai tempat larutan yang ingin di pisahkan dengan sentrifuse.
  • Tutup tabung : berfungsi untuk penutup tabung agar menghindari adanya tumpahan larutan saat pemutaran dengan sentrifuse berlangsung.
  • Tutup atas : bagian penutup sentrifuse, harus selalu dalam keadaan tertutup ketika sentrifuse sedang digunakan untuk menghindari tabung terlempar keluar dari rotor.
  • Lubang : Sebagai tempat masuknya dan letaknya tabung sentrifuse.
  • Mur : untuk menahan rotor tetas stabil saat berputar, sebagai penyambung rotor dengan mesin sentrifuse. Juka ingin mengganti rotor dapat dengan memutar mur yang berada ditengan rotor hingga rotor terpisah dengan mesin sentrifuse.
  • Tombol : Tombol – tombol pengatur sentrifuse berada diluar. Tobol terdiridari on/off(untuk menghidupkan dan mematikan sentrifuse, timer(untuk mengatur waktu pemutaran), speed(untuk mengatur kecepatan putaran), rem(untuk menghentikan pemutaran dengan lebih cepat), layar(untuk menunjukkan waktu dan kecepatan saat itu).
  • Papan nomor : untuk member nomor pada setiap lubang di rotor utnuk memudahkan pengguna meletakkan tabung di pempat yang seimbang.

Cara Pengoprasian

  • Nyalakan sentrufuse dengan menekan tombol on/off atau power
  • Panaskan sentrifuse selama 15 menit.
  • Tuang larutan ke dalam tabung dan tutup tabung dengan rapat, seka tabung dengan tissue hingga tidak terdapat cairan di permukanaan luar.
  • Masukkan tabung kedalam lubang sentifuse, letakkan beban pada posisi yang simetris dan berat setiap bahan harus sama agar rotor tetap berputar seimbang.
  • Tutup penutup atas sentrifuse, pastikan telah tertutup rapat.
  • Set waktu dengan memutar tombol timer dan atur speed (kecepatan).
  • Sentrifuse akan berputar dan akan berhenti pada waktu yang telah di atur. Namun, tidak boleh membuka tutup atas sentrifus sebelum rotor benar – benar telah berhenti berputar ditandai dengan terdengarnya suara dari rotor seperti bel.
  • Bahan dapat di ambil, jika ingin memindahkan bahan dari tabung ke tempat yang lain jangan dilakukan di dekat sentrifuse, dikhawatirka sentrifuse terkena tumpaha.
  • Dan sebelum itu matikan sentrifuse dengan menekan tombol on/off.

Cara Pemeliharaan

Sebelum digunakan senrifuse harus di panaskan terlebih dahulu selama 15 menit. Hidarkan dari tumpahan bahan. Saat berputar rotor harus seimbang sehingga harus meletakkan minimal 2 tabung pada letak yang simetris dengan berat yang sama. Jangan mengisi tabung terlalu penuh untuk menghindari tumpahan pada sentrifuse. Tutup atas sentrifuse tetap tertutup dari awal sebelum memutar rotor hingga rotor berhenti sempurna (tidak bergerak lagi). 

Tidak menggunakan asam-asam pekat dan zat berbahaya lainnya seperti korosifitas tinggi dan bahan yang dapat merusak tabung sentrifuse dan sentrifuse. Rotor dapat diganti dengan cara memutar mur pada rotor sambil memegang bagian samping rotor agar rotor tidak bergerak dan tetap terjaga. Setelah rotor dapat di lepaskan kemudian angkat rotor dengan kedua tangan karena rotor pada sentrifuse sangat berat, letakkan pada tempatnya dan pasang rotor yang baru. Sama seperti ketika melepaskan, saat memasang rotor tetap harus d pegang agar posisinya tidak berubah-ubah.

Aplikasi

Sentrifus yang umum digunakan oleh praktisi medis, untuk mempelajari bahankimia bio yang berbeda seperti protein, asam nukleat dan darah. Alat tersebut dapatmemisahkan serum dan plasma dari darah atau bahkan padatan dari cairan, setelah ini sampel yang sangat murni dari serum darah sangat penting untuk prosedur pengujian dan analisis. Sentrifus medis berputar pada kecepatan yang sangat tinggi hingga 5000 putaran permenit. Rotasi tinggi permenit memungkinkan aktivitaspemisahan dalam waktu yang sangat rendah.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.