Header Ads

Sifat -Sifat Materi

Tiap zat seperti air, gula, garam, perak tembaga dan lainnya memiliki seperangkat sifat atau karakter yang membedakan zat yang satu dengan yang lainnya. Sereti contohnya gula dan garam meski kelihatannya sama memiliki bentuk padat, putih, kristal dan larut dalam air. Namun gula rasanya manis, garam rasanya asin. Jika dipanaskan gula akan meleleh menjadi coklat seringkita sebut dengan karamel, sedangkan garam dipanaskan dengan suhu yang tinggi tidak menjadi coklat, tidak terbakar diudara, dan menghasilkan nyala kuning saat di bakar dalam nyala api. Nah sifat-sifat ini lah yang membedakan suatu zat dengan zat lain. Sifat tersebut dibagi menjadi dua yaitu sifat interistik dan sifat ekstrinsik.


Sifat interistik adalah kualitas yang bersifat khas dari tiap zat tidak berhubungan dengan bentuk ukuran zat tersebut. Sifat ekstrinsik adalah sifat yang tidak khas dari suatu zat seperti ukuran, bentuk, panjang, bobot, temperatur.

Sifat juga dibagi menjadi sifat kimia dan sifat fisika

Sifat kimia adalah sifat yang khas dari suatu zat. Sifat akan berubah ketika berinteraksi dengan zat lain yang membentuk zat baru. Sifat kimia merupakan sifat interistik. Contoh : etil alkohol mudah terbakar, besi berkarat, dan lain-lain

Sifat fisika adalah karakteristik suatu zat yang tidak melibatkan perubahan apapun ke zat lain. Cotnohnya titik didih, titik leleh, rapatan, visiologi dan lain-lain.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.