Header Ads

Syarat - Syarat Sebuah Pabrik Kimia

Sebuha pabrik kimia adalah sebuah pengaturan unit proses (reaktor, geat exchanger, pompa, kolom destilasi, absorber, evaporator, tangki, dll), terintegrasi satu sama lain secara sistematis dan cara yang rasional. Tujuan pabrik secara keseluruhan adalah untuk mengubah bahan baku tertentu menjadi produk yang diinginkan menggunakan sumber energy yang tersedia, dengan cara yang paling ekonomis.

Selama pengoperasiannya , sebuah pabrik kimia harus memenuhi beberapa syarat yang diberlakukan oleh perancangnya dan teknik umum, ekonomi, dan kondisi sosial yang dihadapkan oleh pengaruh luar yang selalu berubah (disturbance/gangguan). Syarat – syaratnya antara lain :
  1. Keamanan : Pengoperasian proses kimia yang aman adalah syarat yang utama untuk kesehatan orang-orang didalam pabrik dan untuk kontribusi yang berkelanjutan untuk pengembangan ekonomi. Dengan demikian tekanan operasi, temperatur, konsentrasi bahan kimia, dan seterusnya, harus selalu berada dalam batas yang diizinkan. Sebagai contoh , jika sebuah reaktor telah di rancang untuk beroperasi pada tekanan hingga 100 psig, kita harus mempunyai sebuah sistem kontrol yang akan mempertahankan tekanan dibawah nilai tersebut. Contoh yang lainnya, kita harus mencoba untuk menghindari perkembangan campuran explosive selama sebuah pabrik beroperasi. 
  2. Spesifikasi produksi : sebuah pabrik harus memproduksi jumlah dan kualitas produk akhir yang diinginkan. Sebagai contoh , kita mungkin memerlukan produksi 2 juta pon etilen perhari, dengan kemurnian 99.5%. Karena itu, sebuah sistem kontrol dibutuhkan untuk memastikantingkat produksi ( 2 juta pon per hari) dan spesifikasi kemurnian yang memuaskan. 
  3. Peraturan lingkungan : Beberapa undang-undang dan hukum suatu negara mungkin mengatur mengenai suhu, konsentrasi kimia, laju alir dari limbah pabrik berada dalam batas tertentu. Beberapa peraturan seperti itu, contohnya : seberapa banyak SO2 dapat dilepaskan ke atmosfer, dan kualitas air yang dialirkan ke sungai atau danau. 
  4. Kendala operasional : berbagai jenis peralatan yang digunakan dalam sebuah pabrik kimia mempunyai kendala pada pengoperasiannya. Kendala seperti itu harusnya terpenuhi selama pengoperasian instalasi. sebagai contoh : pompa harus dipertahankan kepala hisap tetap bersih, tangki tidak boleh melimpah atau kering, kolom destilasi tidak boleh melimpah, suhu dalam reaktor katalitik seharusnya tidak melebihi batas tertinggi karena katalis akan rusak. sistem kontrol dibutuhkan untuk menyelesaikan semua kendala ini. 
  5. Ekonomi : pengoperasian pabrik harus sesuai dengan kondisi pasar, yaitu ketersediaan bahan baku dan permintaan produk akhir. Selanjutnya, Itu harus seefesien mungkin dalam pemanfaatan bahan baku, energy, modal, dan pekerja. Oleh karena itu diperlukan kondisi operasi yang terkontrol pada tingkat optimal dan biaya produksi yang minimum, pendapatan maksimum, dan seterusnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.